AKRAB BENTUK SATGAS ANTI NARKOBA DESA KABAT

Pada Hari Selasa tanggal 20 September 2016 dikantor desa kabat terdapat pelatihan pencegahan bahaya destruktif narkoba berbasis pemuda pedesaan yang dipelopori oleh kader pemuda anti narkoba desa kabat yang bekerjasama dengan Kemenpora RI, KPMI, Reskoba Banyuwangi, Dispora Banyuwangi, Pemdes Kabat, Polsek Kabat, Karang Taruna AKRAB.

Pelatihan ini terselenggara sebagai tindak lanjut program unggulan kementerian pemuda dan olahraga tahun 2016 yaitu kader pemuda anti narkoba yang didalamnya terdapat tugas kader pemuda anti narkoba yaitu membentuk satgas anti narkoba yang beranggotakan 20 pemuda di masing-masing desa.

img_6791

Pada pelatihan tersebut diikuti oleh 21 orang pemuda desa kabat berusia 17-25 tahun, kepala dusun krajan, kepala desa kabat, koramil dan polsek kabat.

Dengan 2 pemateri yaitu Moch. Agus Kurniawan, S.Pd (Kader Pemuda Anti Narkoba desa Kabat) dan Arif Wahyudi, S.H (Kepala Bidang Operasional Reskoba Banyuwangi). Pada awal penyampaian materi, Agus mengenalkan program kementerian pemuda dan olahraga Republik Indonesia terkait penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Indonesia berbasis Pemuda Pedesaan dalam Menyongsong Zero Growth 2025. Dengan disampaikannya program tersebut, 20 peserta pelatihan bersemangat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di desanya dengan tujuan NO DRUG in My Village. Paparan kedua disampaikan oleh Bapak Arif dengan memaparkan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Di Indonesia. Beliau tidak hanya menjelaskan narkoba dengan teori, akan tetapi beliau langsung menunjukkan beberapa contoh narkoba dan alat untuk mengkonsumsi narkoba dihadapan peserta pelatihan dengan harapan pemuda dapat mengenali obat-obatan yang tergolong narkoba agar tidak mengkonsumsinya.

Di akhir acara kader pemuda anti narkoba desa kabat bersama 20 peserta pelatihan membentuk satgas anti narkoba desa kabat yang diketuai oleh Agus dan langsung disahkan oleh kepala desa kabat. tugas mereka adalah mengabdi kepada masyarakat untuk melakukan sosialisasi penyalahgunaan narkoba, membuat peta rawan penyalahgunaan narkoba di desa kabat dan mereka harus mengajak teman-teman lainnya untuk tidak mendekati narkoba apalagi sampai menyalahgunakannya.

Advertisements

Posted on October 9, 2016, in Banyuwangi, Kabat Krajan, Karang Taruna, Pemuda BWI, Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: